Tuesday 26 April 2011

Serba Serbi -Fenomena Alam Paling Menakjubkan Di Dunia

Fenomena Alam Paling Menakjubkan Di Dunia


Ternyata ada begitu banyak fenomena-fenomena alam yang luar biasa dan menakjubkan yang terjadi di bumi kita. Walupun sebagian besar dari fenomena tersebut telah diketahu penyebabnya secara ilmiah, namun ada juga fenomena yang belum di ketahui penyebabnya.

Di bawah ini akan disajikan fenomen-fenomena alam yang luar biasa dan menakjubkan tersebut.

1. Great Blue Hole

Great Blue Hole adalah nama sebuah tempat di negara Belize. Seperti namanya tempat tersebut terlihat seperti sebuah lubang di dalam laut jika dilihat dari atas. Kabarnya sebelum terbenam air seperti sekarang ini, dulunya Great Blue Hole adalah sebuah gua


2. Ice Circles

Sebuah fenomena lingkaran es yang sangat jarang sekali terjadi di air yang bersuhu dingin. lingkaran-lingkaran es besar ini dapat ditemui di Skandinavia dan Amerika utara.


3. The Wave

The Wave adalah suatu batuan merah bergelombang menakjubkan, yang berlokasi di perbatasan Arizona dan Utah, Amerika Serikat. Dan konon berasal dari bukit pasir berusia 190 juta tahun yang kemudian berubah menjadi batuan.


4. Red Tides

Merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi karena berkumpulnya mikroorganisme di pesisir tempat bertemunya air dari muara, dan laut atau air sungai, yang akan membuat air menjadi berwarna ungu dan merah.


5. Sailing Stone

Di dataran Death Valley yang terkenal di Amerika Serikat, terdapat sebuah fenomena yang janggal, dimana terdapat batu-batu yang dapat bergerak sendiri di atas gurun tandus yang dulunya adalah lumpur. Selama beberapa dekade, para ilmuwan berusaha mencari penjelasan yang masuk akal untuk anomali ini, yaitu tentang bagaimana sebuah batu yang beratnya puluhan bahkan ratusan kilogram dapat melakukan perjalanan hingga beberapa ratus meter.


6. Light Pillars

Merupakan sebuah fenomena visual yang diciptakan oleh pantulan cahaya dari kristal es yang dekat dengan permukaan planar horizontal paralel. Cahaya dapat berasal dari matahari atau bulan. Fenomena ini biasa disebut juga pilar surya matahari.


7. Cave of the Crystals

Sebuah gua yang berisi cristal-cristal besar yang terletak di situs pertambangan Chihuahua, Meksiko.


8. Awan Mammatus

Kemunculan awan aneh jenis ini  adalah pertanda akan kedatangan badai besar atau cuaca buruk. Awan ini kebanyakan berisi kristal es dan dapat memiliki luas hingga ratusan kilometer . Beberapa formasi dari awan ini bisa tetap statis bahkan untuk 10-15 menit.


9. Moeraki Boulders

Merupakan Kumpulan batu-batu yang berbentuk bulat, dan berada di tepi pantai, batu batu tersebu terbentuk karena deburan ombak yang terus menerus. Moeraki Boulders yang terkenal berada di Pantai Koekohe.


10. Dallol

Dallol adalah ledakan kawah gunung berapi (atau maar) di Depresi Danakil, timur laut Erta Ale Range di Ethiopia. Dallol ini di bentuk selama letusan freatik pada tahun 1926, dan banyak kawah serupa lainnya di dataran garam di dekatnya.


11. Columnar Basalt

Merupakan formasi bebatuan yang terbentuk karena lava dari letusan gunung yang mendingin. Basalt yang terkenal di dunia terletak di Giant's Causeway di Irlandia Utara.


12. Rainbow Fire

Dengan merefleksikan sinar matahari, terlihat kristal es di dalam awan yang menghasilkan sinar dengan spektrum yang berbeda. Karena sangat sulit untuk bisa melihat gambar-gambar dari fenomena ini, sehingga mengakibatkan fenomena ini tidak terlalu populer, dan mereka yang dapat mengambil snapshot gambar-gambar ini hanyalah orang-orang  yang sangat beruntung.



 

No comments:

Post a Comment