Wednesday 9 February 2011

Strategy Ukm Memenangkan Persaingan Bisnis Di Era Internet

Strategy Ukm Memenangkan Persaingan Bisnis Di Era Internet

Penulis : ErieSasmito

Sabtu, 10-Januari-2009

Munculnya Internet tak pelak lagi mengubah cara orang berbisnis, internet tidak saja memudahkan & mengefisienkan cara perusahaan berinteraksi dengan customer maupun seluruh relasi yang terkait dengan bisnis nya. Perusahaan yang mampu menguasai pemanfaatan Teknologi informasi dengan baik ( e-mail, website, Google Adsense, yahoo messenger, Skype, dll. ) akan lebih mampu memenangkan persaingan bisnis di masa depan.

Dampak internet terhadap startegi marketing

Penggunaan internet mampu mempercepat informasi pengembangan produk baru kepada customer sehingga produk baru bisa lebih cepat diluncurkan ke pasar untuk mengimbangi kecepatan perubahan trend pasar, terutama untuk produk-produk fashion ( garment, furniture, accessory, dll ) yang siklus hidupnya sangat singkat.

Melalui Google search engine, kita dapat memantau perkembangan trend design produk di seluruh dunia. Melalui website maupun Blog, kita mampu mengup-date produk kita secara regular untuk dikomunikasikan kepada customer maupun calon customer.

Strategi marketing on-line merupakan strategi yang sangat efektif & efisien dalam menjangkau pasar yang lebih luas baik pasar domestic maupun internasional. Bergabunglah dengan portal semacam Alibaba.com, Global Source.com, untuk portal local Indonetwork.co.id, Indonesian-furniture.com, dll., maka anda sudah memiliki " salesman " di seluruh dunia yang bekerja secara otomatis 24 jam untuk anda.

Penempatan produk maupun perusahaan kita dalam top list seach engine ( Google, Yahoo, Altavista, dll. ) akan mempercepat dan mempermudah perusahaan kita untuk dikenal secara lebih luas.

Dampak internet terhadap layanan pelanggan

Pemanfaatan e-mail, Yahoo messenger dan Skype yang memungkinkan kita on-line terus menerus dengan akan menciptakan layanan unggul bagi pelanggan, karena pelanggan dapat terus menerus dilayani selama 24 jam. Teknologi Skype dengan fasilitas web-cam bahkan akan sangat berguna dalam mengkomunikasikan produk kita dengan biaya yang nyaris gratis.

Dampak internet terhadap keunggulan biaya produksi

Melalui internet perusahaan mampu mencari sumber-sumber bahan baku produksi yang termurah dan terbaik dari seluruh dunia, dan memungkinkan untuk mencari teknologi tepat guna yang paling efisien dan efektif untuk mendukung produksi kita. Hal ini memungkinkan perusahaan menciptakan produk unggul berkualitas tinggi dengan harga yang lebih murah dibanding pesaing.

Sumber-sumber bahan baku maupun bahan penunjang produksi lainnya selalu tersedia dengan harga yang lebih murah, baik dari sumber domestic di dalam negeri maupun sumber dari China, India maupun Negara lainnya. Bahan baku penunjang untuk industry furniture seperti handle kuningan, engsel, dll. misalnya, saat ini terdapat sumber yang melimpah dan murah dari China dan India.

Teknologi internet memungkinkan kita untuk melakukan aktifitas bisnis selama 24 jam terus menerus, batas antar Negara menjadi makin sempit, bahkan batasan waktu pun menjadi makin hilang , perbedaan waktu antar Negara memungkinkan kita untuk terus terhubung , jam 8 malam di Indonesia adalah jam 3 sore di Eropa, dan jam 8 pagi di Amerika Serikat. Anda dapat mempekerjakan staff anda 3 shift secara bergantian, sehingga aktifitas bisnis anda 3 kali lebih banyak dari rata-rata jam kerja bisnis normal. Kalau strategi ini dikerjakan , maka persaingan bisnis dengan competitor anda menjadi tidak relevan, kemenangan akan berpihak kepada anda.

Penggunaan teknologi internet dengan benar memungkinkan anda untuk bekerja melampaui rantai-rantai bisnis yang dalam Era Ekonomi Lama cukup panjang, birokratis dan mahal. Internet mampu mengubah pola bisnis secara radikal, yang memungkinkan setiap perusahaan memiliki akses usaha dalam skala internasional.

Pelajarilah apa yang dilakukan Manet ( www.manetvision.com ), perusahaan local yang melakukan penjualannya secara on-line, pesanan baju muslim dan segala perlengkapannya dapat anda pesan secara on-line , murah, praktis, dan efisien.

Selamat Mencoba

Erie Sasmito

CEO Erinco

www.javateak-rattan.com

No comments:

Post a Comment